1. Riset perusahaan
Sebelum menulis surat lamaran
pekerjaan,lakukan dulu beberapa penilitian terkait perusahaan,pihak perusahaan
akan senang jika pelamar mengetahui banyak hal tentang perusahaan perusahaan
mereka
2. Jangan menulis ulang tulisan yang ada
dalam curiculum vitae(cv) anda
Surat lamaran pekerjaan memang
menjelaskan apa pencapaian anda dan beberapa hal yang ada di cv.namun usahakan
tidak membuatnya sama dengan cv yang anda tulis sebagai lampiran
3. Perhatikan paragraf pertama dan
terakhir surat lamaran anda
Perhatikan bahwa paragraf awal tidak
berbelit-belit dan lansung ke pokok bahasan.paragraf awal harus jelas dan
bersifat menjual,sementara diparagraf terakhir harus terlihat tegas dan meminta mereka menghubungi jika berkenan
4. Jangan sebutkan semua kemampuan anda
Semua kemampuan dan keterampilan yang
anda miliki tentunya sudah ada di cv yang anda lampirkan.untuk itu,jangan
repot-repot menyebutkan semua dilamaran pekerjaan.sebutkan tiga atau lima saja
kemampuan serta pengalaman yang dianggap terbaik dan sesuai dengan pekerjaan
yang akan dilamar.
5. Tunjukan antusiasme anda
Pastikan surat lamaran kerja yang
anda tulis dapat mencerminkan betapa antusiasnya anda untuk mendapatkan
pekerjaan tersebut dan gunakan kalimat menunjukan anda sebagai pribadi yang
efektif aktif dan dinamis.
6. Tandatangani surat lamaran kerja yang
anda buat
Pastikan anda mendatangani surat
lamaran kerja yang dikirim (kecuali perusahaan mengunakan lamaran khusus atau
secara online).
7. Tampilan surat
Pastikan surat lamaran anda tidak ada
koreksi (coretan/salah ketik),karena hal itu dapat mengurangkan nilai lamaran
kerja anda untuk itu,sebelum mengirimnya,cek ulang,minta teman atau keluarga
untuk membacanya terlebih dahulu.
No comments:
Post a Comment