loading...

Sunday, October 29, 2017

Cara Mencegah Kram

Kram bisa terjadi kapan pun dimanapun dan pada siapapun, misalnya saat sedang beraktivitas berat, berenang, bahkan ketika sedang tidur. Selama ini kita pernah mengalaminya, namun tahukah anda apa sebenarnya penyebab kram?
Menurut penelitian para ahli, hal ini ternyata umum terjadi ketika otot secara tidak sengaja menjadi kaku dan tegang serta tidak bisa rileks. Mereka cenderung lebih sering terjadi seiring usia kita bertambah. Namun dengan pola hidup yang baik dan tercukupinya asupan gizi yang dibutuhkan tubuh, dapat membantu menghindari resiko kram.


Berikut ada beberapa penyebab kram dan tips untuk mencegahnya terjadi:

1. Dehidrasi
Jika Anda mengalami kram, penting untuk melihat terlebih dahulu apakah tubuh Anda terhidrasi dengan baik atau tidak. Jadi, jika tak ingin mengalami kram, pastikan bahwa Anda sudah minum cukup air sepanjang hari, menurut anjuran dokter manusia membutuhkan 8 gelas air setiap hari

2. Bermasalah dengan gizi
Keseimbangan elektrolit seperti kalsium, natrium, kalium, dan magnesium, sangat penting untuk kontraksi dan relaksasi otot. Selain itu, hindari mendapatkan elektrolit tersebut hanya dari suplemen.
Jika minum terlalu banyak suplemen padahal Anda tidak terlalu membutuhkannya, ini dapat berbahaya. Lebih baik, konsumsi berbagai buah-buahan dan sayuran untuk menambah keseimbangan elektrolit Anda.

3. Efek samping dari obat-obatan
Beberapa obat dapat menyebabkan kram otot. Jika misalnya ini terjadi setelah Anda meminum suatu obat, lebih baik kunjungi dokter untuk menggantikan obat tersebut dengan yang lebih aman, serta untuk mengurangi risiko kram terjadi lagi. 

No comments:

Post a Comment